Selasa, 08 Desember 2009

Word 2007 NEWS Surat Berantai dengan Mail Merge


Word 2007 - Memaksimalkan pembuatan dokumen yang berulang atau berantai (surat, kwitansi dll) dengan menggunakan fitur Mail Merge . Materi kali ini akan membahas tentang cara membuat mail merge. untuk membuat mail merge yang pertama anda harus mendesign atau megatur dokument yang akan anda gunakan, misalnya anda ingin membuat sebuah kwitansi, setelah itu untuk melakukannya klik tab mailing kemudian pilih mail merge, pilih stand by shape mail merge wizard,. kemudian tentukan jenis type dari pada dokument yang anda gunakan. kemudian klik tombol next, lalu pilih dokument yang akan anda gunakan yaitu use the cannount dokument yaitu dokument yang barusan anda buat kemudian klik tombol next kembali. kemudian disini kita akan membuat atau menggunkan data yang akan dijadikan sebagai isi dari pada kwitansi nantinya. berhubung anda belum mempunyai data yang ada, maka anda akan membuat data yang baru. kemudian klik type a new list, kemudian create lalu isikan dari pada label atau judul pada data-data yang akan anda buat. setelah selesai, jika ada fiel yang tidak digunakan, bagus anda hapus saja, klik kemudian delete dan lakukan pada field-field yang tidak digunakan. setelah selesai semuanya, klik ok.

Untuk menambahkan data yang baru, anda dapat menambahkannya dengan cara klik tombol new entry, kemudian klik untuk data yang selanjutnya. setelah semua data telah anda input, klik ok. Kemudian anda simpan data sebagai sorth data, setelah itu maka anda dapat melihat menu atapun isi dari pada data anda. apabila anda ingin mengurutkan, anda dapat mengklik sort, kemudian soth by nya anda misalnya berdasarkan nama, klik ok. maka dokument anda sudah di urutkan, kemdian klik ok dan klik tombol next. dan sekarang kita akan memasukkan item dari pada field masing-masing ke dalam dokument anda klik atau arahkan cursor pada nama, kemudian klik tombol more item, klik nama kemudian insert dan lakukan hal yang sama dengan yang lainnya. pada jumlah anda dapat melakukannya dengan cara menekan tombol control tahan lalu tekan F9, kemudian sama dengan. pilih more item, anda akan menambahkan uang pendaftaran kemudian insert kemudian tambah dengan uang kursus. kemudian klik tombol next.

Sekarang anda dapat melihat isi dari kwitansi, kemudian klik tombol next. untuk menampilkan secara individu dari pada kwitansi anda, maka klik edit individu letter, untuk menampilkan semua, pilih all. maka anda dapat melihat semuah kwitansi anda telah selesai dibuat secara satu per satu. Apabila anda ingin melakukan pengeditan terhadap isi data, caranya adalah pada tab mailing, kemudian pilih edit reseption list kemudian klik datanya, klik tombol edit kemudian lakukanklah pengeditan pada kwitansi yang ingin anda tambahkan. setelah selesai klik ok, dan jika ingin menyimpannya klik yes. Maka data yang baru telah di tambahkan.

Alamat Download:
Zdxtra : Modul 6
Rapidshare: Modul 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar