Senin, 07 Desember 2009

excel 2007 NEWS Mengatur Fields Pivottable


Excel 2007 - Nama Field pada pivottable berasal dari judul kolom yang digunakan di data sumber. Begitu juga jika anda menggunakan data sumber dari file eksternal, nama field juga berasal dari file eksternal tadi. Mengapa kita perlu mengatur Field Pivottable? Jawabannya ada di video berikut. Beberapa hal yang akan diajarkan dalam video ini adalah mengganti nama field pivottable, item pivottable, mengatur sel pivottable, mengatur format nomor, format tanggal, format kondisional, menampilkan item dengan tanpa data dan mengatur field page.

Letak atau posisi field dari tabel pivottabel dapat kita pindahkan ke posisi tertentu dengan cara mengklik field tersebut kemudian anda pindahkan ke cell yang anda inginkan. Kemudian selanjutnya anda dapat mengatur beberapa tampilan area yang ada di dalam pivot tabel, yaitu page area, pivottabel area dan juga anda dapat merubah urutan field dari pivottabel anda.

Anda juga dapat membuat report atau laporan dari pivottabel anda, kemudian anda dapat memodifikasi layout atau tampilan dari report pivottabel anda. Untuk melakukan perubahan ini, anda harus masuk ke dalam tab menu design, kemudian anda pilih icon menu Report layout dan anda dapat tentukan layout yang anda inginkan dari jenis-jenis layout yang ada.

Auto short dapat digunakan untuk mengurutkan data-data yang ada di dalam microsoft excel, agar data lebih tersusun dengan baik. Fitur ini dapat anda gunakan untuk mengurutkan data di dalam pivottabel. Untuk melakukannya anda pilih terlebih dahulu judul field pivottabel yang akan diurutkan, kemudian klik tombol sort. Model pengurutan data disini terdapat dua jenis yaitu Ascending dan Descending.

Data yang terlalu banyak akan menyulitkan kita jika ingin mencari satu item data dari sekian ratusan atau ribuan data yang kita miliki, dan akan membuat sangat lama serta tidak effektif dan effesien jika kita harus mencari data tersebut satu demi satu, karena akan sangat memakan waktu yang lama dan melelahkan.

Menggunakan fitur filter, anda dapat melakukan pencarian data dengan kriteria dan kategori tertentu dengan cepat dan mudah di dalam pivottabel. Anda dapat langsung menentukan kategori data seperti apa yang ingin anda saring atau yang anda cari, dengan demikian micorosoft excel akan secara otomatis menemukan data dengan kriteria yang anda maksudkan secara cepat dan anda tidak bersusah payah menelusuri data anda satu persatu.

Berbagai kriteria dapat anda lakukan dengan menggunakan fitur filter ini. Salah satu contohnya anda dapat menyaring data misalnya anda hanya ingin menampilkan data yang inisial namanya dimulai dengan huruf J. Selain data lebel atau dengan jenis teks, data dengan tipe atau jenis angka dapat juga anda filter dengan kategori tertentu, misalnya anda hanya ingin menampilkan data dengan tipe angka anda 5 data yang di mulai datai data terkecil dari data yang anda miliki. Semua hal ini akan anda bahas pada video belajar kali ini.

Bagian 3

Kemudian materi kita selanjutnya, masih mengatur tampilan pivot tabel, yaitu disini kita akan menampilkan atau menyembunyikan baris atau pun kolom dari pivottabel yang kita buat. Tidak semua kolom dan baris data selamanya kita perlu untuk ditampilkan di dalam pivottabel kita, untuk keperluan tertentu kita kerap kali menyembunyikannya, kemudian kita memunculkannya kembali. Hal ini dapat anda lakukan dengan menggunakan option-option yang ada di dalam pivottabel anda.

Jika anda ingin memisahkan suatu kelompok data dari pivottabel yang anda buat ke dalam satu worksheet yang baru dan terpisah dengan worksheet pivottabel anda, dapat anda lakukan melalui option menu show report filter page, maka microsoft office excel akan memindahkan data tersebut ke dalam sheet yang baru.

Di dalam pivottabel anda juga dapat mengelompokkan data numerik atau angka dengan rengs atau besaran tertentu sehingga anda lebih mudah dalam menggunakan data tersebut. Untuk membuatnya anda nanti dapat menggunakan fitur option menu group field dan anda tentukan start number untuk data yang akan anda tentukan dan end data data tersebut. Group data tersebut dapat anda terapkan untuk tipe data date atau tanggal dan time atau jam.

Bagian 4

Selain data dengan tipe numerik, data dengan tipe lebel atau teks dapat juga kita groupkan dengan kriteria tertentu. Anda dapat menggunakan fitur option kemudian pilih group selection untuk menggroupkan data lebel yang telah kita seleksi. Jika anda ingin menghilangkan group yang anda buat, anda juga dapat menggunakan menu option dan pilih ungroup, tetapi anda terlebih dahulu harus memilih data yang telah di groupkan tersebut.

Tampilan dari pivottabel sangat mempengaruhi informasi yang akan disampaikan dari pivottabel tersebut. Anda harus mengatur tampilan tersebut sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik. Menggunakan option pivottabel anda dapat merubah layout atau tampilannya agar sesuai dengan kreteria yang anda inginkan guna tercapainya penyampaian informasi yang baik. Dalam video belajar kali ini, semua ulasan yang telah saya paparkan dapat anda palajari. Selamat belajar….

Bagian 5

Alamat Download:
Zdxtra : Modul 4-1, Modul 4-2, Modul 4-3, Modul 4-4, Modul 4-5


Rapidshare: Modul 4-1, Modul 4-2, Modul 4-3, Modul 4-4, Modul 4-5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar