Senin, 07 Desember 2009

excel 2007 NEWS Membuat Pivottable


Excel 2007 - Bekerja dengan ratusan atau ribuan data di excel pasti akan membingungkan anda, kecuali jika menggunakan pivottable, apa sih pivottable itu? Pertanyaan ini akan terjawab setelah anda mempelajari 2 video awal dari 10 modul belajar pivottabel menggunakan Video Belajar ini.

Jika anda bingung silahkan diulangi kembali video, dia tidak akan marah jika anda ulangan ratusan kali, berbeda kalau saya, 3 x ulangi pasti marah-marah. Ok selamat belajar….

1. Membuat Pivottabel

Nah setelah anda mengenal pivottabel dan juga telah mengetahui fungsi dan kegunaanya, maka pada video yang selanjutnya ini, anda akan dibimbing untuk memulai langkah-demi langkah dalam membuat vipot tabel, cara memasukkan data atau field yang akan ditampilkan sebagai isi dari pivottabel kita.

Kemudian untuk lebih memahami anda juga akan diperlihatkan cara menentukan judul baris (row lebel) dan judul kolom (colum lebel). setelah anda berhasil menentukan judul baris dan kolom dari pivot tabel yang kita buat, selanjutnya anda dapat menentukan letak dari hasil pivot tabel yang dibuat. anda juga dapat mengganti masing-masing judul lebel kolom dan baris dari pivot tabel jika memang diperlukan.

Selain itu anda juga dapat mengganti variabel dari pada pivot tabel yang kita buat, untuk menambah variabel yang kita inginkan, anda dapat menuju pada data source anda, kemudian seperti biasa anda tambahkan satu judul field data atau kolom judul dari tabel anda, dan isikanlah data yang anda kehendaki.

Selanjutnya untuk menampilkan variabel data yang kita buat ke pivot tabel yang kita buat, anda dapat klik tab menu option dan pilih change data source, kemudian gantilah range data dengan mengklik tombol data range, kemudian pilih atau seleksi kembali semua data, termasuk variabel data yang barusan kita tambahkan. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja lihat dan perhatikan video belajar berikut ini….

2. Lanjutan membuat Pivottable

Alamat Download:
Zdxtra : Modul 1-1, Modul 1-2


Rapidshare: Modul 1-1, Modul 1-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar