Senin, 07 Desember 2009

excel 2007 NEWS Merubah Data Pivottable


Excel 2007 - Setelah belajar membuat pivottable, selanjutnya anda akan merubah beberapa atribut, komponen dari pivottable. Ini berguna untuk memanipulasi berbagai bentuk sehingga memudahkan pembacaan pivottable. Dengan beberapa teknik yang ada dalam video ini, akan mempercepat pengertian anda dalam menggunakan pivottable.

Untuk keperluan pengolahan data kita juga dapat merubah tampilan pivottabel field list yang sesuai dengan kebutuhan analisis yang akan kita lakukan, untuk melakukannya anda gunakan pivottabel field list yang biasanya terdapat di sebelah kanan dari window excel ada.

Pada video kali ini juga anda akan dibimbing cara menyeleksi atau memilih data yang berada dalam pivottabel yaitu dengan cara mengklik judul dari kolom pivot tabel, maka semua data yang ada di dalam satu kolom tersebut akan terpilih, nah begitu juga untuk tips dan trik cara memilih data di dalam pivottabel yang lainnya akan anda dapatkan pada video belajar kali ini..

Bagian 1. Merubah Data Pivottable

Setelah anda dapat memilih data tertentu di dalam pivottabel, materi yang selanjutnya pada video belajar kali ini akan membimbing anda yaitu bagaimana menampilkan dan menyembunyikan field-field yang ada di dalam pivottabel kita. anda tinggal menghilangkan centang yang berada pada pivottabel field list yang berada di sebelah kanan window anda.

Data di dalam pivot tabel kerap kali sering berubah, baik itu terjadi penambahan atau pun memang terjadi kesalahan ketik, maka untuk mengeditnya atau meng-update-nya anda harus menuju ke data source pivottabel kita. Nah kemudian jika data telah selesai anda perbaikai atau di tambah, pada bagian sheet pivottabel, anda harus me-refresh data agar perubahan data source yang kita buat di masukkan ke dalam pivottabel. kemudian masih banyak lagi hal dan triks lainnya dalam melakukan update data,.. untuk lebiah jelasnya simak dan perhatikan video belajar berikut ini….

Bagian 2 . Teknik Lanjutan

Dari pivottabel yang kita buat, kita dapat melihat masing-masing rincian dari data yang ada dengan cara mendouble klik cell yang kita maksud, sehingga informasi detail dari data yang ada di dalam cell tersebut akan ditampilkan. Nah anda juga dapat membuat grafik dari data pivottabel yang ada dengan cara terlebih dahulu bagain atau range data di dalam pivottabel, kemudian anda pindahkan ke sheet yang baru, dan anda paste-kan, maka anda akan memiliki data baru yang siap untuk dijadikan grafik.

Selanjutnya pada materi kali ini, anda juga akan melihat cara pembuatan pivottabel dengan cara klik dan drag langsung pada field data yang kita inginkan ke bagain atau lokasi pivottabel yang telah muncul di worksheet anda. Anda masih bingng? silahkan simak video berikut ini,.. dan coba anda praktekkan…

Bagian 3. Tips Merubah Pivottable

Alamat Download:
Zdxtra : Modul 2-1, Modul 2-2, Modul 2-3


Rapidshare: Modul 2-1, Modul 2-2, Modul 2-3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar