Senin, 07 Desember 2009

excel 2007 NEWS Mengatur Chart Excel 2007


Excel 2007 - Materi berikut menerangkan tentang pengaturan Chart di Excel 2007, dijelaskan dengan jelas dan mudah dicerna. Setelah anda selesai membuat grafik, maka anda dapat membaca informasi yang ada dalam grafik tersebut. Dengan grafik ini anda dapat melihat data mana yang maksimum, dan data mana saja yang minimum atau terendah dari masing-masing item yang ada.

Kemudian anda juga dapat memilih atau melihat item tertentu dari data yang disajikan untuk melihat produktifitas dari data selama periode tertentu. Nah untuk memudahkan dalam membaca informasi ini dapat dapat merubah orientasi dari tampilan grafik untuk masing-masing itemnya dimana anda dapat melakukan analisis secara perkolom ataupun perbaris. Selamat belajar

Vidoe belajar yang selanjutnya kita akan membahas cara pengaturan area gambar grafik. Anda akan mengenal area-area yang ada dalam suatu grafik, yaitu plot area dan chart area. Plot area merupakan bagian utama dari grafik yang kita buat. Sedangkan chart area merupakan daerah diluar plot area, untuk lebih jelasnya anda dapat simak pada video ini. Mengapa kita harus mengenal komponen area dari suatu grafik?, hal ini dapat kita jawab karena jika anda klik kanan di plot area maka menu yang muncul akan berbeda dengan jika anda klik kanan pada chart area.

Kemudian pada video belajar kali ini, anda juga akan diajak untuk melakukan pengaturan terhadap masing-masing area grafik tersebut, apakah plot area atau pun grafik area. Anda dapat mengganti background baik itu plot area atau pun chart area, kemudian anda juga dapat berekperimen untuk melakukan modifikasi warna dari background yang ada, apakah anda ingin menggunakan warna standar/solid, atau anda juga dapat mengunakan warna gradiasi atau gradien.

Selain pengaturan diatas, anda juga akan diajarkan cara pengaturan bingakai terhadap plot atau pun chart area sehinggga tampilan grafik yang anda buat benar-benar sesuai dengan yang anda inginkan.

Kemudian video yang selanjutnya, kita akan membimbing anda untuk mengatur beberapa komponen yang lainnya yang belum kita bahas pada video sebelumnya. Disini kita akan membahas bagaimana anda dapat menambahkan komponen gridline di dalam grafik yang anda buat.

Nah disini anda akan mengenal Major dan Minor gridline yang dapat anda modifikasi, apakah anda akan memunculkan kedua gridline atau hanya ingin menampilkan salah satu saja. Dengan menggunakan gridline ini, akan membantu anda untuk membaca data lebih terliti, kerena gridline ini akan menunjukkan posisi angka dari grafik anda ke sumbu axis tertentu.

Untuk keperluan tertentu, mungkin anda ingin merubah tampilan dari grafik anda yang pada umumnya dalam tampilan normal, tapi mungkin anda ingin membalikannya secara vertikal. Nah untuk melakukanya anda dapat melakukan dengan mengklik tombol radio buttom Value reverse orders. Selain itu anda juga dapat melakukan modifikasi design grafik yang lainnya yang akan diajarkan pada video kali ini yaitu diantaranya cara pengguanaan pewarnaan font atau huruf yang ada di dalam grafik tersebut dan beberapa pengaturan yang lainnya yang akan semakin memperindah tampilan grafik anda.

Alamat Download: Zdxtra : Modul 3-1, Modul 3-2, Modul 3-3

Rapidshare: Modul 3-1, Modul 3-2, Modul 3-3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar