Selasa, 08 Desember 2009

Word 2007 NEWS Kolaborasi Satu Dokumen Untuk Rame-Rame

8

Word 2007 - Membandingkan dua dokumen dan menggabungkannya menjadi satu dokumen atas dua sumber dokumen yang berbeda yang mempunyai kesamaan isi teksnya. Di dalam materi kali ini kita akan membahas bagaimana cara menambahkan komen dalam dokumen. Di dalam penambahan komen langkah pertama yang harus dilakukan, dengan cara meletakkan kursor dimana koment akan diletakkan, kemudian klick tab pada menu view lalu pilih new koment setelah itu ketikkan koment yang akan kita masukkan. Maka microsoft word telah membuat koment yang telah kita inginkan, kemudian lakukan pada tempat yang lain untuk menambahkan koment-koment yang lainnya. Selain itu kita dapat memilih sebagian text sebagai tanda dari pada koment, cukup dengan cara memilih sebagian text yang akan kita gunakan sebagai tanda pada koment, kemudian klick kembali tombol new koment lalu ketikkan koment yang kita inginkan. Maka sekarang koment telah tersedia, sedangkan apabila kita ingin menghapus semua koment-koment yang telah kita buat, cukup dengan cara mengklick tab pada menu review kemudian pilih tombol delete lalu pilih delete all koment in documnet, maka coment yang telah di hapus akan hilang dari dokumen kita.

Sedangkan apabila kita ingin menambahkan koment berupa suara, cukup dengan cara memunculkan terlebih dahulu tombol untuk sound object, yaitu dengan cara mengklick tombol office bottom lalu pilih tombol word option kemudian pilih tombol costumize setelah itu pada choose koment foom aktifkan all koment kemudian cari kategori untuk voice kemudian pilih voice koment lalu pilih tombol add kemudian OK. Maka sekarang kita dapat melihat quick acses telah muncul satu koment yaitu tombol voice koment.

Pada penambahan koment berupa suara maka kita harus merekam koment terlebih dahulu koment suara yang ingin kita masukkan, misalnya kita melakukan sound recording yaitu dengan cara mengklick tombol all program kemudian pilih acsesories lalu kita dapat menggunakan sound recorder setelah itu mulailah merekam koment yang akan digunakan sebagai voice koment, Lalu klick tombol start hipotesis merupakan keputusan sementara dalam penilitian. Setelah selesai klick tombol stop lalu simpan file suara kita ke dalam folder tertentu kemudian beri nama, misalnya voice satu dan simpan di folder C lalu klick sHip dan klick tombol YES.

Setelah itu kita tinggal memasukkan voice koment ke dalam dokumen yang akan kita tambahkan koment suaranya misalnya pada hipotesis kita pilih katanya kemudian klick kembali tab menu review lalu pilih tombol insert sound object kemudian arahkan tombol browser pada file yang telah kita buat tersebut, yaitu pada drive C kemudian klick tombol browser lalu cari tempat penyimpanan dari file suara kita yaitu pada music kemudian klick nama file lalu klick tombol OK, setelah itu kita klick tombol next kembali, setelah selesai klick tombol finish. Sekerang telah muncul satu tombol koment suara, apabila kita ingin mendengarkan komentnya maka kita dapat mendouble klick tombol tersebut kemudian klick tombol play, maka sound koment akan terputar, begitu juga apabila kita ingin menambahkan suara pada dokumen-dokumen lainnya.

Lanjutan Kolaborasi Satu dokumen rame-rame

Di dalam materi ini, kita akan melanjutkan membahas dari pada materi sebelumnya yaitu membandingkan dan menyisipkan antar satu dokumen dengan dokumen yang lainnya. Untuk memulainya kita harus mempunyai dua dokumen yang berbeda yang akan kita bandingkan atau pun yang akan kita gabungkan. Setelah dokumen telah tersedia, sekarang kita memulai untuk membandingkan antar kedua dokumen tersebut, cukup dengan cara mengklick tab pada menu review kemudian disini tersedia tab comper, setelah itu klick tombol comper lalu pilih comper.

Nah sekarang muncul windows dari pada comper dokumen, pada ordegin dokumen klick tombol browse dari pada dokumnen yang akan kita ambil sumbernya, yaitu pada folder dokumen lalu open begitu juga pada refresh dokumen, yaitu dokumen yang akan dijadikan sebagai pembanding, lalu klick tombol dokumen kemudian pilih dokumennya kembali setelah itu klick tombol OK. Maka sekarang dokumen telah dimunculkan dalam satu layar.

Setelah itu kita dapat membandingkan dimana dokumen yang tidak sesuai, kemudian untuk menampilkan seluruh tampilan dari dokumen hasil petukaran kita, kita cukup mengklick pada tombol soshsosh yaitu pada show refresh dokumen. Jika kita ingin menampilkan dokumen shows atau dokumen yang hasil penggabungan satu layar penuh kita dapt menyembunyikan shows dokumen agar dokumen hasil penggabungan di tampilkan di dalam satu layar penuh. Begitu juga apabila kita ingin menampilkan kedua dokumen tersebut, yaitu dengan cara memilih show booth.

Hal yang sama juga dapat kita lakukan apabila kita ingin menggabungkan antara kedua dokumen tersebut melakukan fasilitas combine dokumen, cukup dengan cara yang sama dengan mengklick tombol tab review kenudian pilih kembali comper lalu pilih pada bagian combine, setelah itu tentukan dokumen sumber yaitu dengan memilih kembali dokumen yang tadi setelah itu pada refresh arahkan dokumen tujuan atau dokumen yang akan di gabung lalu klick tombol open lalu klick tombol OK.

Disini kita dapat melihat dimana dokumen yang cocok yang dapat untuk kita gabungkan. Selain itu kita juga dpat merubah tampilan, yaitu untuk menampilkan kedua dokumen tersebut dengan cara memilih show boot. Setelah itu apabila kita setuju untuk menggabungkan maka disini kita dapat mengklick tombol accept all ching in dokumen lalu klick, kemudian untuk menampilkan kembali secara satu layar penuh kita dapat menampilkan secara show refresh dokumen maka disini dapat kita lihat dokumen telah kita gabungkan menjadi dokumen baru.

Alamat Download:
Zdxtra : Modul 10-1, Modul 10-2

Rapidshare: Modul 10-1, Modul 10-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar