Selasa, 08 Desember 2009

Word 2007 NEWS Magic 1 : Manipulasi Tabel

8

Word 2007 - Menambahkan table dalam dokumen dan tips – trik dalam mendesign table agar lebih mudah dibuat, cantik dilihat dan cepat pembuatanya. Di dalam materi kali ini kita akan membahas bagaimana cara menambahkan tabel dalam dokumen. Dalam penambahan tabel dalam dokumen langkah pertama yang harus dilakukan dengan cara mengklick menu tab pada insert, kemudian pilih tabel, selain itu anda langsung dapat memilih jumlah seperti menentukan jumlah baris dan jumlah kolom, contohnya 3 baris dan 4 kolom. Selain itu kita juga dapat menentukan jumlah baris dan kolom dengan mengklick option lalu pilih menu insert table, kemudian tentukan banyak nya baris dan kolom sesuai keinginan anda setelah itu klick tombol OK.

Maka tabel yang anda inginkan akan terbentuk sesuai keinginan anda.Apabila anda ingin mengatur layout atau pun tampilan dari table dan table style, anda cukup mengklick tab design kemudian kita dapat mengganti style atau pun layuot dari table.Setelah itu pilih style yang telah tersedia maka table anda akan terganti dengan sendirinya. Apabila kita ingin menambahkan jumlah baris atau pun kolom,anda cukup menggambar sendiri,maka dalam proses menambahan jumlah baris dan kolom, anda cukup mengklick tombol draw table kemudian gambarkanlah baris dan juga kolom yang ingin kita tambahkan. Jika kita ingin menggambarkan baris dan juga kolom, anda harus mengklick dan menahan dan lepas apabila kolom atau pun baris sudah sesuai dengan ukuran baris dan juga kolom, maka baris dan juga kolom telah tertambah.

Kemudian apabila kita ingin merubah warna background dari pada sel atau pun baris table, dalam menentukan perubahan warna back ground dari pada sel langkah pertama yang harus dilakukan dengan cara memblok baris dari table, kemudian pilih menu dari shadding lalu pilih warna yang kita inginkan. Begitu juga jika kita ingin merubah style atau bentuk bingkai dari table,kemudian kita pilih bingkai yang ingin kita ganti lalu klick border dan tentukanlah jenis garis yang akan kita gunakan. Selain itu kita dapat menambahkan jumlah baris dan kolom dengan cara otomatis, anda cukup mengklick tab layuot lalu pada menu row and kolom tab pilih pada bagian insert baris pada bagian below, kemudian apabila kita ingin melatakkan kolom letakkan kursor dimana kolom yang akan ditambahkan, lalu kita dapat meletakkan insert kolom left yang dimana kolom akan berada di sebelah kiri, begitu juga dengan yang lainnya.

Selain itu kita juga dapat menghapus salah satu atau bagian baris dengan cara mengklick di dalam sel atau pun baris yang akan di hapus, kemudian klick tab tombol delete setelah itu pilih delete rows. Begitu juga apabila kita ingin menggabung beberapa sel dari table, langkah yang harus dikerjakan dengan cara memilih sel yang akan digabung setelah itu pilih merge sel lalu pilihlah sel yang telah di merge lalu pilih sprit sel, tentukanlah banyaknya jumlah baris dan kolom yang akan kita pisahkan, misal nya 3 kolom dan 1 baris, maka sel akan terpisah dengan sendirinya.

Di dalam materi ini, kita akan melanjutkan dari materi sebelumnya yang dimana kita juga bisa mengatur bingkai dari pada table dengan menggunakan menu draw table.Dalam mengubah atau pun mengatur bingkai table kita cukup mengklick pada bagian design, kemudian pilihlah bingkai yang akan kita ganti atau yang ingin kita format, setelah itu pilihlah menu shadding lalu pilihlah border and shadding, kemudian pada tab border pilihlah style garis yang akan kita gunakan. kLick kemudian OK maka border akan berganti.

Begitu juga apabila kita ingin menggantur border atau pun bingkai yang lain nya, dengan cara memilih menu border, setelah itu pilihlah garis nya kembali kemudian OK kan. Selain itu kita juga dapat mengganti lebar kolom dan baris, dengan cara klick di dalam kolom atau pun baris yang yang akan kita ganti ukurannya,kemudian klick tab layuot lalu kita dapat menarik langsung pada perbatasan kolom, setelah itu klick sesuai yang kita inginkan begitu juga dengan baris klick pada perbatasan baris. Selaian itu kita juga dapat mengganti ukuran baris atau pum kolom dengan menggunakan ukuran tertentu cukup dengan cara pada bagian layuot kemudian cell size kita dapat langsung menggantikan tinggi baris atau dengan cara mengklick tombol panah. Kita juga dapat mengatur perataan tabel terhadap dokumen cukup dengan cara klick kanan pada table kemudian propertis lalu pada tab table klick perataan yang kita inginkan atau light men setelah itu klick OK.

Maka table telah berganti perataannaya. Kemudian apabila kita melakukan perhitungan atau mengkalkulasikan data cukup dengan cara ketik di dalam sel dimana akan diletakkan hasil perhitungannya, setelah itu pilih pada menu tab layout dan pilih pada bagian data kemudian klick pada formula setelah itu muncullah sum eboob yaitu untuk menjumlahkan data yang ada di atasnya Lalu OK, begitunjuga dengan data-data yang lainnya.

Lanjutan Video

Rapidshare: Modul 8-1, Modul 8-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar