Senin, 16 November 2009

Usaha atau Tidak Usaha = ????

Assalamualaikum wr. wb

Sesuai dengan judul diatas maka kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan berbagi cerita bagaimana teman-teman memulai usaha. Sesungguhnya memulai usaha adalah suatu hal yang bisa dilakukan semua orang, tapi kenapa banyak dari kita yang tidak berani memulainya. Kita cenderung terbelenggu pikiran-pikiran kita yang mengatakan “ya kalo usaha kita berhasil, kalo GAGAL”. Sesungguhnya kata-kata ini tidak fair karena profesi apapun itu pasti ada potensi GAGAL. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan nasib kita di masa depan tetapi paling tidak kita sudah bersiap diri akan apapun yang akan terjadi.
Dalam hal memulai usaha sendiri memang diperlukan suatu keberanian yang luar biasa. Ada sebuah kata-kata motivasi yang menarik dari Bpk PURDI E CANDRA (Mentor dan pribadi yang saya kagumi), “Memulai usaha itu seperti kita mau mandi, kita tidak tahu di dalam kamar mandi itu ada sabun atau pasta gigi dll, tapi kenapa kita langsung masuk saja. Dan jika di kamar mandi itu tidak ada sabun atau pasta giginya maka kita otomatis akan mencari keluar sebentar”. Nah untuk memulai usaha juga sama, kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada usaha kita. Dan jika usaha kita ada masalah maka otomatis kita akan mencari solusinya dan semakin banyak permasalahannya maka semakin beruntung kita karena kita semakin berpengalaman dengan usaha kita.
Berbeda dengan Om BOB SADINO (Guru Besar saya yang me-LEGENDA). Beliau bilang kalo mau memulai usaha ya mulai aja. Jadilah BODOH karena orang BODOH tidak berhitung jadi golongan ini asal mulai aja, ntar urusan ada masalah cari solusinya karena masalah itu memang “belahan jiwa”-nya usaha. Beda dengan orang yang “PINTAR”, golongan ini selalu berhitung untuk memulai usaha makanya tidak usaha-usaha karena banyak berhitung hitung dan hitung lagi tahu-tahu takut dengan hitungannya sendiri jadinya gak jadi buka dech usahanya.
Seperti Mas Thukul aja lah, jangan under estimate dulu tentang apapun di dunia ini, karena belum tentu hal itu buruk buat kita. jadi just do it jangan ditunda-tunda. OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar