Jumat, 13 November 2009

Desktop dalam bahasa Indonesia

Memiliki desktop komputer dengan istilah dalam bahasa Inggris memang lebih prestise, bergengsi. Tapi mungkin itu dulu yah.

Sekarang, saat komputer sudah mulai memasyarakat, tentunya sudah menjadi familiar. Nah, kadang bagi masyarakat kebanyakan, pesan-pesan yang muncul dalam bahasa Inggris susah dipahami.

Ketika kita menjalankan program dalam terminal (di Linux), maka mungkin kita hanya menunggu ketika proses sedang dijalankan. Buat apa baca prosesnya karena ngga mudeng. Lain halnya bila kita paham.

Maka akan menjadi menyenangkan bila tulisan yang jalan di terminal dalam bahasa Indonesia.

Maka untuk menginstal, seperti biasa di Ubuntu adalah melalui Synaptic Package Manager.

system>administration>synaptic Package manager

atau lebih cepatnya lagi melalui

system>administration>language support

tainggal mengikuti prosesnya.

Di sini bisa sekaligus instalasi bahasa Mandarin, Jepang, Arab dan bahasa lain yang di butuhkan.

Maka bila timbul pesan eror, atau instruksi yang harus dijalankan, akan mudah dipahami. Termasuk saat kita membaca deskripsi dari suatu program yang ada di synaptic. Semoga menjadi semakin enjoy di depan PC nya.

Info:

Bila laptop yang dimiliki menggunakan layout keyboard khusus suatu negara, misalnya Jepang, maka saat install Linux bisa pilih layout Jepang. Tidak harus ikut bahasa mana yang di install. Karena bila diinstal ke layout yang berbeda, maka akan ada beberapa tombol yang tidak berfungsi, atau bertukar fungsi dengan tombol yang lain.

Apabila sudah terlanjur instal, maka bisa pilih defaultnya dengan melalui

system>pengaturan>papan ketik atau

system>preference>keyboard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar