Jumat, 13 November 2009

Bila Ubuntu tidak cocok di PC anda

Ubuntu memang fenomenal. Dari namanya sebenarnya sangat tidak representatif. Berbeda bila kita mendengar Mandriva, Debian.

Ternyata nama tidak menutup kepopuleran Ubuntu. Dukungan komunitas begitu banyak, dengan kemudahan instalasi. Cukup deh pujiannya.

Tetapi ada yang tidak bisa menikmati fitur-fitur Ubuntu, kare PC atau Laptop tidak cocok dengan Ubuntu. Tidak cocok bukan berarti tidak bisa diinstall. Akan tetapi setelah diinstall, tampilannya menjadi tidak indah. Seperti menunjukkan kerusakan monitor, dan lain-lain.

Ini adalah kasus yang saya alami ketika teman saya minta diinstall Ubuntu 7.10. Hasilnya sangat buruk dan ingin segera dihapus. Layar terlihat gores-gores. Padahal saat buka windows, normal saja. Speck laptop juga jauh di atas punyaku. Toshiba Pentium M, sedangkan milikku hanya celeron Thosiba. Tetapi di laptopku normal.

Maka saya coba download PCLinuxOS dari kambing.ui kemudian saya bakar. Ketika diinstall ternyata hasilnya sangat bagus dan memuaskan. 3D langsung bisa diaktifkan dari panelnya. Bahkan aku sempet ngiler juga. Jadi pengin dualboot Ubuntu dengan PCLinuxOS.

Untuk install PCLinuxOS dari LiveCD, langkah-langkahnya bisa mengikuti panduan instalasi Ubuntu. Ketika sampai pada partisi, pada dasarnya sama, cuma beda bahasa dan langkah. Tinggal kecermatan saja. Asal belum diapply, maka belum ada effek. Segera klik back bila hasilnya tidak seperti yang diperkirakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar