Jumat, 13 November 2009

Langkahnya bila harddisk tidak dikenal oleh windows…

Banyak sekali yang iseng-iseng dualboot windows dengan linux. Seperti yang diperingatkan oleh teman, akan repot bila windowsnya nanti bermasalah. Maka benar sekali, banyak kasus bahwa harddisk tidak lagi dikenali oleh CD installer windows.

Ketika kita ingin install ulang windows, maka yang terjadi setelah boot adalah layar gelap gulita tidak ada respon apapun. Berikut mungkin bisa dicoba agar harddisk bisa dikenal oleh CD installer windows.

1. Format harddisk

Masukkan Live CD Ubuntu atau distro lain, kemudian pilih partition editor, Bila menggunakan live CD Ubuntu, maka klik system>administration>partition editor.

format semua hardisk ke type fat 32

setelah itu coba install dulu windowsnya, bila berhasil baru kemudian install linuxnya.

2. Install distro seperti OpenSuse, PCLinuxOS, mudah2an harddisk bisa dikenali kembali. karena saat pemilihan menu grub, partisi NTFS langsung dikenal sebagai windows. Dan berdasar pengalaman ana, PC yang dualboot dengan PCLinuxOS atau OpenSUSE tidak ada masalah saat install ulang windows.

Maka menjadi perhatian buat semuanya, bila ingin dualboot, maka yang pertama harus diinstall adalah windowsnya. Setelah itu baru kita instal linux. Bila dilakukan sebaliknya, maka biasanya akan gagal, kecuali pada distro linux tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar