Jumat, 13 November 2009

Macam-macam session desktop

Dalam satu system operasi yang kita install, bisa ditambahkan sesi dimana sesi tersebut memiliki tampilan yang berbeda. Untuk menjalankan sesi yang diinginkan, maka pilih sesi saat login.

Type sesi 1

Pertama kita install System utama adalah DewaLinux.

Sesi yang bisa ditambahkan adalah: Ubuntu-desktop, Kubuntu-Desktop

langkahnya:

Ubuntu-desktop

melalui terminal, ketik sudo apt-get install ubuntu-desktop

setelah memasukkan password maka akan jalan prosesnya sampai selesai

Kubuntu-Desktop

melalui terminal, ketik sudo apt-get install kubuntu-desktop

prosesnya sama dengan di atas.

Xubuntu-Desktop ( belum ana coba)

sudo apt-get install xubuntu-desktop

belum ana coba, tetapi karena merupakan keluarga Ubuntu, kemungkinan besar bisa. Dan Xubuntu memiliki engine yang ringan sehingga enak dipakainya.

Tipe sesi 2

System utama adalah Ubuntu

System sesi:

Kubuntu-desktop

Xubuntu-desktop

langkahnya sama dengan sesi 1

Ada satu distro lokal yang sebenarnya bisa juga di install di atas yaitu Blankon2Konde. Yang perlu diperhatikan bila ingin install desktopnya Blankon2Konde ke ubuntu, akan ada program yang rusak dari Ubuntunya. Hanya satu progaram yang rusak, yaitu Open Office. Selalu eror bila kita jalankan open office spreadsheet, open office word, dan open office powerpoint.

Blankon2Konde mengakomodir Genome Spreadsheet, Gnome word, Abiword, dll. Tetap ada penggantinya open office. Dan kita tahu bahwa Abi Word dan teman-temannya itu sangat ringan. Saat kita jalankan, maka akan secepat kita menjalankan excel dan word.

Tetapi kita juga tahu bahwa open office memiliki fitur selengkap excel dan word. Walaupun loadingnya berat dan lama, tetapi setelah tampil menjadi menyenangkan dengan tampilannya yang berwarna dan fitur lengkap. Ini yang belum dimiliki oleh Abi Word dll.

Ini akan dijelaskan pada kategori Gutsy ke Blankon2Konde

Tidak ada komentar:

Posting Komentar