Rabu, 04 November 2009

Memunculkan Kembali "Folder Option" Windows Explorer Yang Sebelumnya Di 'Disable'

Namanya aja 'Folder Option' bisa langsung anda tafsirkan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia sebagai pengaturan folder, pilihan folder atau setting folder. Tentunya pada sistem operasi windows 'Folder Option' berfungsi sebagai pengatur/setting yang berlaku pada setiap folder windows explorer. Namun ada kalanya jika anda menggunakan komputer di warnet fitur yang satu ini dihilangkan, yang pasti alasannya adalah untuk membatasi ruang gerak pemakai umum demi alasan keamanan.


Dari sisi pemakai umum suatu misal bagaimana jika anda menyimpan file di media penyimpanan external (flashdisk misalnya) dan file yang ingin anda buka di komputer warnet ber attribute 'Hidden', sedangkan fitur 'Folder Option' di disable oleh admin. Untuk membuka file ber attribute 'Hidden' mau nggak mau harus merubah settingan 'Hidden files and folders' pada menu 'Folder Option'.

OK langsung saya bahas cara memunculkan kembali fitur folder option ini. Buka dahulu 'Local Group Policy Editor' dengan cara => klik menu run command (Windows logo + R) kemudian ketikkan 'gpedit.msc'. Atau jika menu run command di disable oleh admin, klik 'Start Menu' => 'Accessories' => klik 'Command Prompt' kemudian ketik 'gpedit.msc' tekan enter.

Selanjutnya akan mucul jendela 'Local Group Policy Editor', pada jendela sebelah kiri klik 'User Configuration' => 'Administratif Templates' => 'Windows Components' => 'Windows Explorer'. Klik pada 'Windows Explorer' dan lihat jendela sebelah kanan, cari item 'Remove the Folder Option menu item from the Tools menu'. Klik dua kali 'Remove the Folder Option menu item from the Tools menu' atau klik kanan kemudian klik 'Edit', ganti value yang awalnya 'Not Configured' atau 'Enabled' ke 'Disabled'. Klik 'Apply' => 'OK' => tutup 'Local Group Policy Editor'. Restart windows explorer => klik menu 'Tools' dan lihat hasilnya, folder option sudah aktif kembali.

Jika ingin memunculkan 'Hidden Files' klik 'Folder Option' => navigasigan ke tab 'View' => pada menu 'Hidden files and folders' centang 'Show hidden files, folders, and drives'. Klik 'Apply' => klik lagi 'OK'. Selesai files anda yang ber attribute hidden sudah kelihatan dan bisa segera dibuka.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan fitur 'Folder Option ini'? Gampang, ulangi langkah di atas dari mengetikkan command 'gpedit.msc' dan serusnya, rubah valuenya dari 'Disable' ke 'Not Configured' atau 'Enabled'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar