Jumat, 13 November 2009

Mengenal Linux dari Ubuntu

Dewasa ini, kita sering mendengar tentang razia software bajakan, terutama software Microsoft. Entah salah siapa, tetapi masyarakat kita sekarang kecanduan dengan software Microsoft. Dalam semua kalangan, berjuta-juta penduduk dinegeri ini, bahkan mahasiswa informatika pun, lebih familiar dengan produk-produk microsoft yaitu Windowsnya maupun officenya seperti word, excel, power point, dll.

Berikut saya ingin berbagi wawasan tentang software alternatif, yang disebarkan secara bebas, tanpa harus bayar lisensi. Walaupun tanpa bayar lisensi, tapi perlu keluar biaya buat dapatkan CD nya. Minimal biaya akses warnet buat downloadnya, trus burning (transfer ke CD). Kalau mau terima CD asli, bisa order gratis.

UBUNTU 7.10

Pertama yang ingin saya perkenalkan adalah UBUNTU 7.10. Ini adalah varian dari Linux yang dimiliki oleh Canonical. Sebagaimana varian-varian lainnya, maka UBUNTU 7.10 disebarluaskan secara bebas, tanpa harus bayar lisensi. Jadi OS kita bisa legal, bahkan boleh dicopykan ke komputer teman.

Apa yang menarik dari UBUNTU 7.10? Setelah kita instal di komputer kita, maka software bawaannya begitu lengkap, sehingga ketika kita mau download sebuah software, ternyata sudah tersedia di dalam software bawaannya. Berikut software yang sudah saya kenal:

1. Abi word processor dan Open office 2.3 word processor

Memiliki fitur sama dengan Mic. word, sehingga saat file kita buka di mic.word, susunan file tidak berubah. Kita tidak perlu dua kali kerja.

2 . Open office 2.3 spreadshet

Memiliki fungsi sama dengan mic. Excel

3 . Open Office 2.3 presentation

Memiliki fungsi sama dengan powerpoint

4. Open Office 2.3 data base

Belum buka-buka

5. F-spot photo manager

6. GIMP Image Editor

7. gThumb Image viewer

8. Open Office org. Drawing

9. qCAD

Memili fungsi sama dengan AutoCAD

10. xSane Image Scanner

11. Pemutar MP3, video, juice extractor, burning. (sudah kompatible untuk putar DivX)

12. Puluhan game (tetris, kartu, pesawat, mahjong)

13. Aksesoris ( blootooth analizer, kalkulator, karakter map,dictionary, disk usage analizer, take screenshot, manage print job, terminal, text editor, tomboy notes, tracker search tool)

14. Koneksi internet sangat cepat. Apabila kita download, maka waktu downloadnya bisa hanya 10% dari biasanya kita download. Itu karena didalam sistem Ubuntu 7.10 sudah tertanam Bittorent, jagoannya download accelerator. Nonton tv diinternet juga sangat stabil. putar youtube maupun watchnewfilm, hampir tidak ada buffering. Melesat meninggalkan teman-temanku. Itu ketika laptop kami disandingkan dan membuka halaman internet yang sama. Padahal dia menggunakan xp genuine dan udah diupgrade ke SP2.

Anda tertarik untuk mencoba? Maka anda harus persiapkan tenaga dan pikiran ekstra serta waktu. Karena orang yang berkecimpung dibidang Linux masih sangat sedikit. Sehingga kita harus rajin mencari informasi tentang cara dapatkan CD operating system, cara instal, mengenal cara kerjanya, dan cara operasinya.

Masih banyak program bawaan yang tidak terinstal otomatis, karena disesuaikan dengan kebutuhan pemilik komputer. Untuk mengaktifkannya tinggal centang pada program yang diinginkan. Maka system akan menginstal otomatis. Apabila tersambung keinternet, maka langsung dari server. Bila tidak, maka tinggal masukkan CD repositories. Tetapi CD ini hanya dibutuhkan bila kita sudah familiar dengan program ini dan menginginkan program tambahan lagi.

Sebagai informasi tambahan, maka untuk turunan dari Ubuntu 7.10 di Indonesia sudah ada yaitu Blangkon 2 Konde. Ini bukan judul ketoprak humor, tetapi nama dari software Linux yang dikembangkan oleh putra-putri Indonesia. Bahasanya dalam bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dipahami.

Baca lebih lanjut di UBUNTU INDONESIA

Download UBUNTU 7.10

Baca lebih lanjut tentang BLANKON 2 KONDE

Download BLANKON 2 KONDE

Apa bila download, maka yang perlu diingat bahwa file yang didownload adalah dalam bentuk image ISO file. Jadi tidak bisa dipakai sebelum diburn(dibakar/transfer) ke dalam CD. CD juga dipilih CD untuk data, bukan yang untuk film. Sebagai rekomendasi, maka pilihlah NERO sebagai burn software nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar