Kamis, 04 November 2010

2.Koneksi PHP dengan Oracle 1: Konfigurasi PHP Triad

Menghubungkan PHP dengan Oracle ? Tentu saja bisa. Simak caranya di tulisan berikut.

PHP dan Oracle, bisakah kita membaca tabel Oracle menggunakan PHP? Jawabannya adalah bisa. Salah satu pengunjung pernah menanyakan mengenai pemrograman PHP dan Oracle. Terimakasih kami ucapkan untuk pertanyaannya, dan dalam tutorial ini kita akan mencoba mempelajari cara untuk menghubungkan PHP dengan Oracle. Untuk tutorial kali ini kita akan mencoba menggunakan PHP Triad sebagai server PHP. Siap?

Kalau sudah yang pertama harus kamu lakukan adalah mengecek kapabilitas PHP server untuk Oracle. Untuk melihat apakah PHP server kamu sudah memiliki kapabilitas untuk konek dengan Oracle, buatlah sebuah program singkat dengan nama info_php.php dengan isi sebagai berikut:
(Perlu kamu tahu sebelumnya bahwa biasanya secara default, PHP tidak dikonfigurasi untuk dapat terhubung dengan Oracle.)

phpinfo() ;
?>

Udah ? Kalau udah, panggil skrip singkat tersebut dengan menulis http://localhost/info_php.php dan sebuah halaman web yang berisikan informasi konfigurasi PHP Triadmu akan tampil. Scroll ke bawah dan cari konfigurasi oci8 seperti di bawah ini.

oci8
OCI8 Support

enabled

Revision

$Revision: 1.149.2.2 $


Ketemu ? Kalau OCI8 Support sudah enabled, selamat, PHP Triadmu sudah mensupport Oracle, kalau belum baca terus tutorial ini.

Jika ternyata PHP Triadmu belum mensupport oci8, kita harus sedikit mengubah file konfigurasi PHPmu. Caranya :

- Cari file php.ini (biasanya di direktori c:/apache/php/php.ini)
- Editlah file tersebut menggunakan notepad, dan cari baris yang mengandung kata oci8 seperti ini:
;extension=php_oci8.dll
- Hilangkan tanda titik koma di depannya kemudian simpan.
- Restart PHP Triadmu.
- Selesai...

Coba lihat lagi konfigurasi PHPmu dengan memangil file info_php.php yang sudah kamu buat sebelumnya. Seharusnya konfigurasi oci8 seperti ditunjukkan sebelumnya sudah di-enable.

Dalam tutorial berikutnya kamu akan lihat cara menghubungkan PHP dengan Oracle. Gampang kok.....

web asal
Prothelord.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar