Jumat, 05 November 2010

3.Membuat Guest Book dengan PHP & MySQL - 3

Bikin database Guest Book, udah. Bikin form masukkan tamu kita, udah. Sekarang waktunya untuk bagian terakhir yang sangat penting, memasukkan inputan dari tamu kita ke database. Siap? Let's Go Maxxx...

Kamu mustinya dah tau kan kalau input dari form HTML bisa kita baca di PHP sebagai variabel dengan menambahkan tanda $ di depan namanya. Contoh baris ini (refer tutoria lBikin Guest Book bagian 2):


dari baris tersebut kita punya sebuah input bernama 'nama'. Nah, kita bisa tuh memperoleh isi dari input tadi dalam PHP dengan nama variabel $nama.

Sekarang tiba waktunya kamu membuat sebuah file PHP yang harus kamu kasih nama bukutamu.php (kenapa namanya harus itu, lihat tutorial sebelumnya ya..). Isi filenya kurang lebih seperti ini:



$dbhost = 'localhost';
$dbuser = 'root';
$dbpass = 'password';
$dbname = 'namadatabasemu';



$conn = mysql_connect($dbhost, $dbuser, $dbpass) or die ('Error koneksi ke MySQL tidak berhasil');
mysql_select_db($dbname);


$query="INSERT INTO buku_tamu (nama,pesan) values ('$nama','$pesan');";

mysql_query($query) or die('Error, query gagal');


?>


Kalau udah selesai, maka proyek kamu bikin guest book sederhana udah selesai. Kamu tinggal menambahkan asesoris lain, misalnya pengen ngelihat isi buku tamu atau nambah filed yang harus diisi oleh tamu kamu dan mustinya sebelum disimpan ke database, isi variabel kamu terlebih dahulu di cek ke absahannya (misalnya ndak boleh kosong).


Gimana? Gampang kan, dibilangin ndak percaya. Kalau kamu masih pengen mempelajari perintah-perintah MySQL lebih lanjut,


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar