Jumat, 05 November 2010

4.Halaman login pake PHP - Bagian 1

Halaman login merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah web site dinamis. Tidak heran ada pengunjung prothelon.com yang meminta tutorial ini:


Bisakah saya mendapatkan Tutorial dalam membuat Aplikasi Login dgn PHP + MYSQL. Kalau bisa mohon di emailkan atau ditampilkan di Website. Maaf saya baru 1 bulan mengenal PHP + MYSQL. Namun belum paham cara menggunakannya.Trims kasih

nanang


Perlu membuat halaman login? Ikuti aja seri tutorial ini. Semoga bermanfaat.

Halaman login sangat bermanfaat baik untuk kita sebagai webmaster maupun pengunjung karena memberikan identitas tentang pengunjung sebuah situs.

Bagi kita sebagai webmaster, halaman login memungkinkan kita untuk :

1. Mendapat informasi penting tentang profil pengunjung situs kita karena pengunjung harus mendaftar untuk mendapatkan akses (misalnya saat mendaftar, kita bisa meminta pengunung memasukkan data-data tertentu tentang nama, alamat, kota, jenis kelamin, dll).

2. Memungkinkan kita untuk melakukan tracking terhadap halaman-halaman favorit seorang pengunjung.

3. Memberikan layanan lebih dan diferensiasi terhadap pengunjung loyal.

4. Memungkinkan kita memberikan layanan berbayar bagi pengunjung.


Kalau begitu mendingan kita buat agar semua layanan kita mensyaratkan login dong? Nanti dulu, ingat, bahwa dengan melindungi sebuah halaman dengan persyaratan login, artinya kita membatasi search engine untuk mengunjungi situs kita juga kan? Nah ini artinya hanya sedikit halaman yang dapat diakses oleh search engine. Efeknya akan sangat tidak menyenangkan, karena rank situs kita akan sulit menembus papan atas dari search engie. jadi pertimbangkan baik-baik halaman mana saja yang akan kamu lindungi dengan login ya :).


Bagi pengunjung, manfaat yang akan dirasakan tentu saja mendapat akses dan layanan tambahan dari sebuah situs.


Ok. Sekarang kamu udah ngerti pentingnya sebuah halaman login.

Coming next adalah cara pembuatan halaman login dan halaman PHP untuk memproses login. Kamu bisa mengembangkan skrip login ini dengan menghubungkannya ke MySQL untuk mendapat banyak fleksibilitas lainnya.


Semoga bermanfaat dan salam hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar