Kamis, 04 November 2010

5.Encapsulation (Enkapsulasi)

Seperti janji saya pada tutorial Class PHP yang lalu, mulai sekarang saya akan cerita tentang encapsulation atau enkapsulasi.

Pegang aja tuh kata-kata kapsulnya. Pernah minum obat berbentuk kapsul kan? Nah fungsi encapsulation juga sama dengan kapsul itu, yaitu membungkus atau menyembunyikan obat di dalamnya.


Dalam OOP tentu saja bukan obat yang disembunyikan tetapi kodenya.


Ok, kita kembali ke contoh ilustrasi rumah kita. Saya yakin bahwa kalau kita tanya mengenai bahan pembuat batu bata, tukang batu tadi paling tidak tahu bahwa tidak semua tanah bisa dijadikan batu bata. Dia kemungkinan akan menjawab dengan tanah liat atau tanah merah sebagai bahan pembuat batu bata.


Akan berbeda jika pertanyaan yang sama kita ajukan pada seorang penaliti unsur kimia tanah. Dia akan menjelaskan dengan profesional mangenai susunan kimiawi tanah liat. Yang tantu saja tidak diketahui oleh tukang batu.


Nah, pembungkusan atau penyembunyian informasi itulah kira-kira arti dari encapsulation atau enkapsulasi. Dalam pemrograman, tujuan encapsulation adalah menyembunyikan property dan method suatu objek. Tidak semua property atau method yang disembunyikan, beberapa dari mereka ada yang diinformasikan.


Property atau method yang ditampilkan tadi dalam kasus batu bata kita adalah tanah liat atau tanah yang berwarna merah.


Nah, property atau method yang ditampilkan dalam objek disebut interface.


Encapsulation memiliki beberapa keuntungan:

  • Modularitas. Hal ini membuat objek dapat dikelola secara independen. Batu bata, semen dan kayu bisa dibuat secara terpisah oleh masing-masing ahlinya, namun pada akhirnya dapat saling disatukan membentuk sebuah rumah.


  • Informasi yang tersembunyi. Hal ini akan memudahkan pengguna class, karena untuk setiap objek tentu sudah disediakan interface yang akan digunakan untuk berkomunikasi dengan objek lain, tanpa perlu tahu detil kode atau informasi yang tersembunyi di dalamnya.


Ok. Penjelasan tentang Encapsulation saya akhiri di sini

web asal :prothelon.com

1 komentar:

  1. ada gak contoh program yg di dalam nya ada encapsulation

    BalasHapus