Senin, 19 Oktober 2009

7.5.08 Akses Web Server Menggunakan Modem ADSL

ika anda berlangganan internet menggunakan Telkom Speedy maka koneksi internet anda tidak akan secara langsung atau bisa dikatakan IP pada komputer anda di dapat secara DHCP dari modem router yang anda gunakan sedangkan IP yang sesungguhnya di dapat dari DHCP Telkom terletak di modem router anda sehingga jika anda menjalankan Web Server di komputer anda dan anda menginginkan agar website di Web Server anda dapat di akses dari luar maka hal ini menjadi tidak mungkin dikarenakan IP pada komputer anda adalah IP private.

Agar Web Server anda dapat di akses dari luar maka salah satu caranya menggunakan Port Fowarding. Sebenarnya bisa menggunakan PPPoE akan tetapi ketika saya coba kadang berhasil dan kadang gagal maka saya memutuskan untuk meninggalkan cara tersebut. Pada modem ADSL Shiro DSL805EU terdapat fungsi Port Fowarding dan terletak pada Application -> Port Fowarding dan cara mensetting fungsi ini adalah sebagai berikut :

1. Pada kategori pilih Server.
2. Pada available rules klik web server.
3. Kemudian klik tombol add maka nama web server akan muncul di kolom applied rules.
4. Kemudian klik tombol submit.

Langkah di atas harus anda lakukan setiap anda linux di komputer anda restart. Jika langkah di atas telah anda lakukan maka Web Server di komputer anda sekarang bisa di akses dari luar. Percobaan di atas saya lakukan di distro linux Mandriva 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar